Lepas Jalan Sehat Sarungan, Cak Imin: Santri Harus Satukan Umat

Oct 02, 2018 - 01:07:36 oleh Desmond 69 views
Lepas Jalan Sehat Sarungan, Cak Imin: Santri Harus Satukan Umat

Dalam kesempatan itu Muhaimin atau Cak Imin mengingatkan para santri agar menjadi pemersatu umat dan masyarakat. Apalagi di tengah kondisi saat ini di mana konflik gampang tersulut karena berbagai perbedaan.

Saat ini, kata Cak Imin, perbedaan dukungan klub sepakbola pun dapat menjadi pemicu permusuhan. "Santri harus terdepan satukan umat dan masyarakat," pesannya.

Wakil Ketua MPR ini mengatakan sudah saatnya santri menyatukan Indonesia. Para santri juga diharapkan bisa mencegah konflik horizontal di tahun politik ini.

"Kaum santri harus bertekad untuk menyatukan masyarakat dan menjembatani sehingga menyatukan nusantara, menyatukan negeri dan membangun solidaritas. Antarwarga bangsa tidak boleh lagi ada perpecahan apalagi konflik," jelasnya.

Sarung Sebagai Simbol

Jalan sehat sengaja menggunakan sarung untuk mengingatkan bahwa sarung merupakan simbol perlawanan terhadap penjajah. Selain itu, sarung yang menjadi pakaian sehari-hari kaum santri merupakan simbol kesederhanaan.

"Sarung simbol kaum santri. Dimana santri yang hidup di pesantren dididik dan diajar dengan kesederhanaan, santri juga selama ini simbol kaum sarungan. Hari ini Jakarta kita penuhi dengan kaum sarungan di Monas yang biasanya car free day, hari ini olahraga dengan sarung," kata Cak Imin.

Ketua Panitia Jalan Sehat Sarungan, Jazilul Fawaid mengingatkan para santri agar menjadi santri abad 21. Dulu para santri merupakan pahlawan yang ikut melawan penjajah dan saat ini santri harus berkontribusi memberi kemajuan. Jalan sehat sarungan ini juga dihadiri Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakhiri, Menristek Dikti M Nasir, dan Menteri PDT Eko Putro Sanjoyo.

Sound System Powered by Electropro Production

Info Pemesanan Rental:

Website: www.electropro-rent,com

Instagram : electropro_sound

WA: 08176012223 / 08129906356

Facebook : Electropro